Perwakilan BPKP Aceh

Berita Seputar Perwakilan BPKP Aceh

Jumpai Kendala Pembangunan JSC, Pemda Aceh Besar Minta Saran BPKP Aceh
30 Juni 2020 11:39:58 / aceh / dibaca: 113 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Banda Aceh (29/6) – Bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan Gedung Perwakilan BPKP Aceh Lantai II dilaksanakan kegiatan konsultasi pada Pemerintah Kabupaten Aceh Besar. Adapun pihak dari Pemerintah Aceh Besar yang hadir yaitu Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah, Kepala Bagian Hukum, Sekretaris Inspektorat, dan Auditor dari Inspektorat. Sedangkan dari pihak BPKP Aceh dihadiri oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Rohmad Basuki didampingi oleh pengendali teknis dan auditor yang kompeten dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Pada pertemuan ini, pihak Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyampaikan adanya permasalahan/kondisi yang dijumpai terkait pembangunan Jantho Sport Center (JSC). Seperti, terdapat kelebihan pekerjaan pemasangan alucobond atas perintah Bupati Aceh Besar yang mana pekerjaan tersebut tidak termasuk dalam Pekerjaan Pembangunan Gedung Olahraga Basket, Volley, Angkat Berat, dan Tenis Meja sesuai Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa. Untuk itu, Bupati Aceh Besar menginstruksikan Kepala BPKD dan Kepala Bagian Hukum untuk berkonsultasi kepada Perwakilan BPKP Aceh.

Menanggapi permasalahan tersebut, pihak BPKP Aceh menjelaskan bahwa kondisi yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar sesuai dengan Perpres Nomor 54 tahun 2010 merupakan “peristiwa kompensasi” dimana terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi dalam pembayaran “peristiwa kompensasi”.

Rohmad Basuki menyampaikan bahwa sebaiknya pihak Pemerintah Aceh Besar menyusun kronologis permasalahan, melakukan tracking terkait perintah tambahan, melakukan konsultasi koordinasi/konsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), selanjutnya jawaban dari LKPP Inspektorat Kabupaten Aceh Besar melakukan audit klaim terhadap peristiwa kompensasi tersebut. Atas saran yang diberikan, pihak Pemerintah Aceh Besar berkomitmen untuk dapat melaksanakannya dan mengkomunikasikannya dengan Perwakilan BPKP Aceh.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)

 



Share      

Berita Terkait:

01 Juli 2020 16:42:16 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Dorong Pencairan Klaim & Pemberian Insentif Nakes di Aceh
29 Juni 2020 08:46:29 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Aceh Kawal Mitigasi Risiko Program Skala Besar Dinas Pertanian & Peternakan
27 Juni 2020 08:16:28 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bahas Cleansing Data KPM Bansos bersama Kejati, Indpektorat dan Dinsos se Aceh
24 Juni 2020 09:43:57 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BPKP Kawal Akuntabilitas Percepatan Tanam Musim Tanam Gadu Tahun 2020 di Aceh
18 Juni 2020 21:27:06 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Susun Perda Pengelolaan Keuangan Daerah, DPRK Lhokseumawe Gandeng BPKP Aceh


 

BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN

PERWAKILAN ACEH

Jalan Tengku Panglima Nyak Makam Banda Aceh 23118
Telepon (0651) 28133, 28134, dan 28183, Faksimile (0651) 28173, email: aceh@bpkp.go.id