Perwakilan BPKP Aceh

Berita Seputar Perwakilan BPKP Aceh

Sinergi BPKP bersama Pemerintah Aceh #LawanCovid19
26 Maret 2020 19:05:48 / aceh / dibaca: 27 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Banda Aceh (26/03) – Bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah Aceh, Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi oleh Koordinator Pengawasan Ikhwansyah mengikuti rapat bersama dengan Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes beserta asisten, Inspektur Aceh serta Biro – Biro. Turut hadir pula Kepala Dinas Kesehatan, Badan Keuangan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh .

Pada rapat ini, Sekda Aceh Taqwallah meminta masukan dan pandangan pengelolaan/ tata kelola penanggulangan dan pencegahan penyebaran kasus Covid-19. Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Aceh menyampaikan beberapa hal terkait fokus pengawasan yang dilakukan di daerah yang selama ini dilaksanakan di Aceh diantaranya yaitu Akuntabilitas, Proyek Stategis Nasional dan Program Strategik. Selanjutnya BPKP Aceh juga fokus pada pengamanan ruang viskal optimalisasi pendapatan daerah dan efisiensi pengeluaran daerah. Fokus berikutnya menyangkut pengamanan aset yang didalamnya terkait kerja sama dengan aparat penegak hukum dalam perhitungan kerugian keuangan negara, audit investigasi, hambatan kelancaran pembangunan dan pencegahan fraud. Disamping itu juga pengawasan aset – aset daerah yang khusus mengalami permasalahan hukum. Fokus keempat, BPKP juga melakukan peningkatan tata kelola daerah terutama memperkuat pilar kapabilitas APIP, maturitas SPIP dan menyediakan tools untuk akuntabilitas keuangan daerah dalam bentuk aplikasi mulai dari desa, kabupaten, hingga provinsi seperti SIMDA Keuangan, Aset, Pendapatan, Siskeudes, Siswaskeudes, SIA PDAM, SIA BLUD dan SIA BUMDES.

Khusus untuk penanggulangan dan pencegahan Covid-19, Kepala Perwakilan BPKP Aceh menegaskan sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 4 Tahun 2020 yang menugaskan BPKP untuk melakukan pendampingan dan pengawasan keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan terhadap akuntabilitas keuangan Negara untuk percepatan penanganan Covid-19. BPKP bertugas mendampingi Pemerintah Daerah dalam hal akuntabilitas atas refocussing kegiatan realokasi anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. BPKP siap untuk membantu mendampingi Pemerintah Daerah Aceh dalam rangka memenuhi perintah Presiden tersebut.

Dalam diskusi selanjutnya, Sekda juga meminta BPKP untuk menugaskan personilnya mendampingi tim gugus tugas sebagai mitra diskusi dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa tersebut khususnya dalam kecepatan mengambil keputusan dalam situasi yang tidak normal terutama fluktuasi harga dan kecepatan pelayanan di rumah sakit rujukan.

Atas harapan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Aceh menyatakan kesediaannya menugaskan tim terbaik BPKP Aceh bersama dengan Inspektorat Pemerintah Aceh untuk bersinergi memenuhi harapan dari Sekda dan unit terkait. BPKP berkomitmen untuk "kecepatan, ketepatan, dan kualitas". (in)

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)



Share      

Berita Terkait:

18 Maret 2020 13:00:06 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Inspektur Kabupaten Simeulue berkunjung ke BPKP Aceh
17 Maret 2020 21:07:14 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koordinasi BPKP bersama Pemerintah Kota Banda Aceh Hadapi Covid-19
14 Maret 2020 20:19:19 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kunjungan Silaturahmi dari Inspektur Kabupaten Aceh Utara
14 Maret 2020 20:13:23 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
BIMTEK Penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) Aceh Tamiang
14 Maret 2020 20:07:56 / aceh / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bimtek Self Assessment Maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan


 

BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN

PERWAKILAN ACEH

Jalan Tengku Panglima Nyak Makam Banda Aceh 23118
Telepon (0651) 28133, 28134, dan 28183, Faksimile (0651) 28173, email: aceh@bpkp.go.id