Perwakilan BPKP Aceh

Berita Seputar Perwakilan BPKP Aceh

SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DENGAN APLIKASI SIMDA DESA DI PERWAKILAN BPKP ACEH
21 Agustus 2015 17:13:22 / aceh / dibaca: 5305 kali / Kat: Sosialisasi

Kamis,20 Agustus2015, bertempat di Aula Kantor BPKP Aceh diadakan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dengan Aplikasi SIMDA Desa, kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kepala Dinas Keuangan atau yang mewakili dari Provinsi dan Kabupaten/Kota di Wilayah Aceh, Dalam Instruksi Presiden No.9 Tahun 2014, Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern dalam rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat, Presiden telah menginstruksikan kepada seluruh Menteri, Kepala LPNK serta seluruh Kepala Daerah untuk mempercepat efektifitas penerapan sistempengendalian internpemerintah dalam pengelolaankeuangan negara/daerah dan pembengunan sesuai lingkup tugas dan fungsi masing-masing.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Aceh, Afrizi Hadi menyatakan bahwa BPKP selain mempunyai fungsi assurance juga memberikan jasa konsultasi dalam rangka meningkatkan kualitas, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah seperti yang di Sosialisasikan sekarang berupa aplikasi SIMDA Desa.

Lebih lanjut   Afrizi  menyampaikan bahwa Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dengan aplikasi SIMDA Desa ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman secara umum dan komprehensif kepada para pihak terkait mengenai peraturan-peraturan pengelolaan keuangan desa, kewajiban masing-masing pihak dalam upaya percepatan pembangunan perdesaan serta peningkatan kompetensi aparat desa dalam pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel, dan gambaran umum pengoperasian aplikasi SIMDA Desa dan bagi Pemdayang berkeinginan menggunakan aplikasi SIMDA Desa, diharapkan dapat segera :

 

1.    Membuat surat komitmen penggunaan aplikasi SIMDA Desa bagi Kabupaten/Kota bersangkutan yang ditujukan kepada Perwakilan BPKP Aceh          untuk segera dikoordinasikan dengan BPKP Pusat,

2.    Merancang anggaran kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada seluruh Kepala Desa dan perangkat desa yang ada di wilayah masing-masing,

3.    Membentuk Tim Fasilitator atau Tim Pendampingan tingkat Kabupaten/Kota yang terdiri dari unsur-unsur Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten/Kota, Dinas Keuangan, Bappeda, Inspektorat dan wakil dari seluruh unsur Kecamatan di Kab/Kota.

Sehingga BPKP dapat segera mengadakan bimbingan teknis SIMDA Desa kepada Tim Fasilitator/Tim Pendampingan seluruh Kabupaten/Kota dan Tim Fasilitator masing-masing Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan sosialisasi dan bimtek serta pelatihan kepada Kepala Desa dan perangkat desa di wilayahnya masing-masing.

 



Share      

Berita Terkait:

14 Januari 2015 11:57:43 / aceh / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
WORKSHOP UPDATING SIMDA AKRUAL VERSI 2.7 RELEASE 3 PADA KAB/KOTA SE ACEH DI BPKP


Tentang Kami
Sejarah
Visi dan Misi
Tugas Pokok dan Fungsi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Program dan Kegiatan
Rencana Kegiatan
Capaian Kegiatan
Produk dan Layanan
Rencana Umum Pengadaan Tahun Anggaran 2014

Laporan Barang Milik Negara

LAKIP 2016

 

Laporan Pemantauan Kinerja s/d Trw.2

 

Konsultasi Online Peningkatan Kapabilitas APIP





 

Renstra BPKP Aceh 2015 - 2019

Perjanjian Kinerja BPKP Aceh

Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa