Perwakilan BPKP Aceh

Berita Seputar Perwakilan BPKP Aceh

WORKSHOP UPDATING SIMDA AKRUAL VERSI 2.7 RELEASE 3 PADA KAB/KOTA SE ACEH DI BPKP
14 Januari 2015 11:57:43 / aceh / dibaca: 5474 kali / Kat: Sosialisasi

Dalam rangka membantu Pemerintah Daerahmenerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, dan mendorong kinerja Pemda didalam peningkatan kualitas akuntabilitas Keuangan Daerah di wilayah Aceh, BPKP Perwakilan Aceh melakukan workshop SIMDA Akrual melalui sarana program aplikasi SIMDAKeuanganVersi 2.7 Release 3 kepada Kabupaten dan Kota se Provinsi Aceh, yang sudah menggunakan aplikasi SIMDA Keuangan sampai akhir tahun 2014.

Workshop diikuti oleh 50 orang yang terdiri dari 30 orang peserta dari 14 Pemda di wilayah Aceh, umumnya diikuti oleh Admin dan Operator SIMDA, serta beberapa  Kepala Bidang dari Dinas Pengelolaan Keuangan di Kabupaten. Selain peserta dari Pemda, acara workshop diikuti juga oleh para PFA Bidang APD Perwakilan BPKP Aceh sebanyak 20 orang. Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM Pemda dan SDM Bidang APD Perwakilan BPKP Aceh.

Tujuan dilakukan workshop ini untuk meningkatkan pemahaman personil Admin SIMDA di Pemda yang telah mengimplementasikan SIMDA, tidak hanya bagaimana cara mengoperasikan aplikasi program tersebut, tetapi juga pemahaman konsep/teori tentang pengelolaan keuangan daerah. Selain itu workshop ini bertujuan untuk pemutakhiran program aplikasi SIMDAKeuangan pada Kabupaten/Kota yang akan digunakan dalam pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2015.

Workshop updating SIMDA Akrual dilaksanakan selama dua hari mulai hari Senin tanggal 12 Januari 2015 sampai hari Selasa tanggal 13 Januari 2015, bertempat di Aula BPKP Perwakilan Aceh Lantai 3, yang dibuka oleh Koordinator Pengawasan Kelompok Jabatan Fungsional Auditor (Korwaspok JFA) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD), Agus Istiyadi, mewakili Kepala Perwakilan BPKP Aceh.

Dalam  sambutannya, Agus Istiyadi menyampaikan catatan BPK yang perlu segera dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah di wilayah Aceh antara lain yaitu penyempurnaan administrasi Aset Tetap, kelengkapan piutang daerah, dan persedian agar dibuat rincian serta kondisi persediaan. BPKP Perwakilan Aceh akan terus mengawal dan mendorong Pemda untuk meningkatkan pengelolaan Keuangan Daerah yang Efektif, Efisien, Transparansi dan Akuntabel. Diharapkan melalui program aplikasi SIMDA Keuangan yang berkelanjutan, dapat dihasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)Tahun Anggaran 2015dengan penyajian informasi akrual, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010.

Materi yang disampaikan oleh pemateri dari BPKP Perwakilan Aceh, Elisa Riadi,  diawali dengan pengantar SIMDA Keuangan, Subtansi SIMDA Versi 2.7 R.3,   dan System Requirement. Dilanjutkan dengan tahapan-tahapan update SIMDA Keuangan Versi 2.7 ke SIMDA Versi 2.7 Release 3, dan update mappingSAP.

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan hanya dua hari, namun metodologi pelaksanaan kegiatan workshop telah dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yaitu dengan cara pemaparan materi, tanya jawab, diskusi, dan praktik aplikasi SIMDA.

Tim SIMDA Perwakilan BPKP Aceh juga telah membuat dan mengaktifkan website untuk diskusi lebih lanjut para Admin dan Operator pengguna SIMDA dilingkungan Pemda Kabupaten/Kota, selain Forum Komunikasi Admin pengguna SIMDA di facebook yang sudah ada selama ini berjalan.



Share      

Berita Terkait:

21 Agustus 2015 17:13:22 / aceh / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DENGAN APLIKASI SIMDA DESA DI PERWAKILAN BPKP ACEH


Tentang Kami
Sejarah
Visi dan Misi
Tugas Pokok dan Fungsi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Program dan Kegiatan
Rencana Kegiatan
Capaian Kegiatan
Produk dan Layanan
Rencana Umum Pengadaan Tahun Anggaran 2014

Laporan Barang Milik Negara

LAKIP

Perwakilan BPKP Aceh

Tahun 2016

 

 

Konsultasi Online Seputar Peningkatan Kapabilitas APIP

Icon e-Consulting

 

Renstra BPKP Aceh 2015 - 2019

Perjanjian Kinerja BPKP Aceh

Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa