Perwakilan BPKP Aceh

Berita Seputar Perwakilan BPKP Aceh

Perencanaan Pembangunan Berkualitas Menjadi Tolok Ukur Akuntabilitas Pemerintah Daerah
25 Juni 2014 09:57:31 / aceh / dibaca: 8249 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Sebagaimana telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah,mewajibkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyusun Rencana Kerja SKPD sebagai pedoman kerja. Sehubungan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Aceh Timur merasa perlu mengadakan pelatihan penyusunan rencana kerja SKPD Tahun 2015 di Kabupaten Aceh Timur dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia khususnya bagian perencanaan dalam menyusun Rencana Kerja (Renja) di masing-masing SKPD, dengan diasistensi oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Aceh.

Acara ini dilaksanakan selama lima hari, sejak tanggal 23 Juni 2014, diikuti 60 orang peserta dari 34 SKPK (Satuan Kerja Perangkat Kabupaten), dengan dikoordinir oleh Bappeda Kabupaten Aceh Timur.

Pelaksanaan asistensi penyusunan Rencana Kerja SKPK Tahun 2015dimulai pada hari Senin tanggal 23 Juni 2014, bertempat di aula Bappeda Kabupaten Aceh Timur, dihadiri oleh Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur Drs Irfan Kamal MSi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Aceh Afrizi Hadi, Kepala Bidang Pengawasan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP Provinsi Aceh Agus Istiyadi, Inspektur Kabupaten Aceh Timur, Kepala Dinas/Badan/Kantor, Camat. Kasubag dan staf perencanaan di masing-masing instansi di lingkungan Kabupaten Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M Thaib, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur Drs Irfan Kamal MSi, sangat mengharapkan kepada penyusun rencana kerja di masing-masing SKPK agar benar-benar memanfaatkan waktu untuk mengikuti asistensi Penyusunan Rencana Kerja tahun 2015 ini, karena dokumen Rencana Kerja SKPKmenjadi bahan untuk penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Penyusunan Renja SKPK ini diharapkan dapat menyelaraskan dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Kabupaten Aceh Timur yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Aceh Timur untuk Tahun 2012-2017. Perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolok ukur akuntabilitas penyelenggaraan daerah, demikian ungkap Bupati Acah Timur dalam sambutannya.

Selanjutnya Drs Irfan Kamal MSi mewakili Bupati Aceh Timur menyatakan penghargaan kepada BPKP melalui MoU yang merupakan komitmen untuk kerjasama antara BPKP dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.  

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi AcehAfrizi Hadi dalam sambutannya, menyatakan bahwa pelaksanaan penyusunan rencana kerja SKPK Aceh Timur ini memilikiarti yang sangat penting dan strategis dalam konteks penyamaan persepsi sekaligus pendalaman terhadap substansi yang dimuat dalam PermendagriNomor54 tahun 2010tentang Pelaksanaan PP Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Kualitas dokumen Renja SKPK sangat ditentukanoleh kualitas  program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, oleh karena itu penyusunan Renja tergantung pada kemampuan SKPK dalam menyusun, mengorganisasikan, mengimplementasikan, mengendalikan, dan mengevaluasi capaian program dan kegiatan sesuai Tupoksi masing-masing SKPK.  

Dalam acara pembukaan asistensi penyusunan Renja SKPK ini dilanjutkan dengan  penandantangan Nota Kesepahaman/MoU antara Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dengan BPKP PerwakilanProvinsiAceh.



Share      

Berita Terkait:

01 Pebruari 2018 16:54:06 / aceh / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penandatanganan MoU BKKBN Aceh dengan Perwakilan BPKP Aceh untuk Penguatan Tata Kelola Pemerintahan
30 Agustus 2017 11:35:46 / aceh / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penandatangganan MoU Pengembanganan Manajemen Pemerintah Daerah
02 Oktober 2014 09:32:50 / aceh / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Implementasi dan Sosialisasi SIMHP di Kabupaten Aceh Barat Daya
23 Juli 2014 09:41:14 / aceh / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Wabup Simeulue \"Kami perlu pengawalan BPKP untuk keberhasilan Tata Kelola Pemerintahan yang baik\"
05 April 2014 19:35:00 / aceh / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Dengan kerjasama ini, BPKP dapat mengawal Kabupaten Bener Meriah untuk mendapatkan predikat WTP


Tentang Kami
Sejarah
Visi dan Misi
Tugas Pokok dan Fungsi
Struktur Organisasi
Komposisi SDM
Program dan Kegiatan
Target Dan Capaian Program
Penangung Jawab dan Pelaksana Program Kegiatan
Produk dan Layanan
Nama Program dan Kegiatan
Ringkasan Informasi Kinerja
Jadwal Pelaksanaan
Laporan Realisasi Anggaran
Perjanjian Kinerja
Perjanian Kinerja Tahun 2017
Perjanian Kinerja Tahun 2018

Laporan Barang Milik Negara 2017

LAKIP 2017

 

Laporan Pemantauan Kinerja 2017

Laporan Keuangan Semester I 2017 BPKP Aceh

Renstra BPKP Aceh 2015 - 2019

Perjanjian Kinerja Tahun 2018 BPKP Aceh

 

BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN

PERWAKILAN ACEH

Jalan Tengku Panglima Nyak Makam Banda Aceh 23118
Telepon (0651) 28133, 28134, dan 28183, Faksimile (0651) 28173, email: aceh@bpkp.go.id