BPKP Terima Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM

.

JAKARTA (3/11) – BPKP memperoleh penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM atas kerja sama dalam perbaikan tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto, mewakili BPKP menerima penghargaan dari Menkumham Yasonna Laoly, pada acara Kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka Mengawal Kinerja Semakin Ber-AKHLAK Tahun 2021 di Auditorium Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Sebagai mitra Kemenkumham, BPKP telah mendampingi Kemenkumham untuk meningkatkan skor maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pendampingan manajemen risiko, dan peningkatan level kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) pada Kemenkumham. Yasonna juga memberikan penghargaan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dan Badan Pemeriksa Keuangan.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada beberapa satker di lingkungan Kemenkumham yang memperoleh Penyelenggaraan SPIP dan Manajemen Risiko Terbaik, Pelaksanaan Tindak Lanjut Temuan Itjen Terbaik, Penyelenggaraan PMPRB, Laporan tercepat LHKASN, Penyelenggaraan SAKIP Terbaik, dan Partisipasi Respon Terbanyak Survei PMPI.

Dalam sambutannya, Yasonna menyampaikan pentingnya integritas dan berpesan agar seluruh unit kerja membina integritas pegawainya.

“Mengutip quote Warren Buffet: We look for three things when we hire people. We look for intelligence, we look for initiative or energy, and we look for integrity. And if they don't have the latter, the first two will kill you, because if you're going to get someone without integrity, you want them lazy and dumb," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, di hari ulang tahun Itjen Kemenkumham, Itjen Kemenkumham juga memperoleh sertifikasi ISO SMAP 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Yasonna berharap unit kerja lain meniru langkah dari Itjen Kemenkumham. Pencapaian ini mengafirmasi bahwa Itjen Kemenkumham adalah organisasi yang matang dan berkembang, yang tercermin dalam skor Kapabiitas APIP.

Sebelumnya, pada tahun 2020, Kapabilitas APIP Itjen Kemenkumham telah mencapai level 3. Kemenkumham juga telah meraih skor 3 dalam maturitas SPIP. 

(D2/NAZ)